Belajar Bahasa Inggris Efektif, Efisien, Cepat Bisa! Pakai Cara Gila!

Belajar bahasa Inggris, hanya membahas grammar, sungguh membosankan. Ingat bahasa Inggris bukan matematika, ngotot belajar rumusan tapi tidak bisa bicara. 

Belajar Bahasa Inggris Efektif, Efisien, Cepat Bisa! Pakai Cara Gila

Jika dilakukan secara ekstrim, “mengupas” bahasa Inggris bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan. Terutama jika Anda memilih metode yang tidak biasa, belajar behasa Inggris yang efektif itu, belajar seperti orang gila tapi, meskipun begitu, membuat Anda jadi cepat bisa.

Buang buku Anda (dalam khayalan)

Jangan hanya terpaku pada buku teks dan kelas konvensional sobat, tapi cobalah pendekatan yang lebih kreatif dan menyenangkan. Lemparkan segala teori ke sebuah lorong dan masuklah ke dalam lorong tersebut. 

Temukan diri Anda di dalamnya, bergairahlah, karena Anda akan bersuara dan bicara bahasa Inggris sepuas Anda.


Bisa? Mungkin belum. Namanya juga baru belajar.

Tapi kabar baiknya mindset menentukan segalanya. Kalau Anda mengawali dengan perkataan “saya bisa”, maka meskipun belum bisa, Anda akan kesana, karena Anda akan mati-matian dan secara ekstrim menguasai bahasa Inggris ini. 

Ekstrim? Ya belajar behasa Inggris yang efektif dan efisien dan bikin cepat bisa: jadilah orang gila!

Belajar dengan pendekatan ekstrim, Anda seperti di cambuk!

Belajar dengan pendekatan ekstrim dapat menjadi metode yang efektif karena menciptakan tantangan yang intens dan menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan. 

Memahami bahasa Inggris secara efektif yang menjadikan Anda cepat bisa, perlu tindakan tidak biasa.

Mengapa belajar secara ekstrim dapat memberikan hasil yang positif? Berikut alasannya:

Pertama, adanya faktor kejut dan adrenalin dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan fokus.

Ketika belajar menjadi sesuatu yang menantang dan ekstrim, otak cenderung lebih aktif dan siap untuk menerima informasi baru. Sensasi kegembiraan dan adrenalin dapat memberikan dorongan tambahan untuk memahami dan mengingat konsep-konsep tertentu.

Kedua, belajar dengan cara ekstrim dapat menciptakan ingatan yang lebih kuat.

Pengalaman yang tidak biasa dan intens cenderung lebih dikenang oleh otak. Dengan terlibat dalam kegiatan belajar yang ekstrim, informasi yang dipelajari akan terkait dengan pengalaman emosional yang kuat, sehingga meningkatkan kemungkinan ingatannya.

Ketiga, belajar secara ekstrim dapat merangsang kreativitas dan pemecahan masalah. 
belajar bahasa inggris efektif dan cepat

Ketika dihadapkan pada tantangan yang luar biasa, seseorang seringkali harus berpikir secara kreatif dan menemukan solusi yang inovatif. Ini membantu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan meningkatkan daya tahan mental.

Perhatikan ya sobat, belajar secara ekstrim seringkali melibatkan penggunaan seluruh panca indera. Beginilah cara menyerap bahasa Inggris secara efisien dan cepat. Misalnya, belajar bahasa asing sambil melakukan olahraga ekstrem atau menjalani kursus di lingkungan alam bebas dapat melibatkan pendengaran, penglihatan, dan gerakan fisik secara bersamaan. 

Penggunaan berbagai indera ini dapat memperkuat koneksi otak, meningkatkan pengalaman belajar, dan mempercepat retensi informasi. Pastinya akan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan cepat dan efektif.

Pengalaman ekstrim juga dapat membentuk karakter dan mengajarkan keterampilan hidup yang menantang, seperti keberanian, ketangguhan, dan ketekunan. 

Kesulitan dalam pembelajaran dapat menjadi kesempatan untuk mengembangkan sifat-sifat ini, yang pada gilirannya dapat membantu individu mengatasi tantangan di masa depan.

Dengan semua faktor ini, belajar secara ekstrim tidak hanya menyediakan lingkungan pembelajaran yang unik, tetapi juga dapat menciptakan dampak jangka panjang pada perkembangan kognitif dan emosional seseorang. 

Dalam pembelajaran ekstrim, individu dapat menemukan potensi mereka yang sejati dan menghadapi tantangan dengan semangat petualangan. Dan hal ekstrim ini bila dipadu dengan kegilaan lain akan tambah seru, ya nggak sobat?

Beberapa cara gila yang bisa kalian terapkan untuk meningkatkan kemampuan kalian mendalami berbahasa Inggris secara efisien dan cepat:

Pertama, saat nonton film atau serial televisi favorit Anda sebagai sumber belajar ikutlah akting di dalamnya, pura-pura menjadi tokoh protagonis atau antagonis. Lihat teks bahasa Inggris, aktifkan subtitle jika perlu, dan ucapkan, tirukan, dengan intonasi, artikulasi dan akting mirip orang gila yang sebenarnya waras jika itu dilakukan. 

Dengarkan bagaimana para aktor berdialog, tangkap dan ulangi lagi intonasi, kumpulkan kosakata yang digunakan. Ini akan membantu meningkatkan pemahaman mendengarkan dan melatih kemampuan bicara Anda.

Berlatih dengan musik. Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris dan cobalah menyanyikan liriknya. Jadilah orang gila. Ambil sapu, jadilah penyanyi dengan enol audience di ruang tamu atau dapur. Ini bukan hanya cara menyenangkan untuk belajar, bagi pemilik otak kiri, tetapi tidak untuk mereka yang cenderung berotak kanan. 

Ini juga membantu meningkatkan pengucapan dan kosakata Anda. Anda bisa mencari lirik lagu secara online dan membacanya sambil mendengarkan lagu.

Salah satu cara gila lainnya adalah bergabung dengan komunitas bahasa Inggris online, langsung nimbrung aja, candain anggota lain, buat lelucon. Tapi tentu lihat sikon ya sobat. Jangan saat orang sibuk kita malah cengar-cengir. Terlibat dalam forum atau grup sosial yang berfokus pada belajar bahasa Inggris santai dan penuh dengan canda akan membuat kita nyaman dan belajar bahasa Inggris bisa efektif dan bikin cepat bisa. 

Anda dapat berinteraksi dengan penutur asli dan sesama pembelajar, berbagi pengalaman, dan mendapatkan umpan balik yang berguna, meskipun awalnya salah-salah dan lebay tapi keberanian dan kegilaan yang waras ini bisa diacungi jempol. Jempol sendiri ya bro, hihhihi …

Gunakan aplikasi pembelajaran bahasa yang interaktif. Ada banyak aplikasi cerdas yang dirancang khusus untuk membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan cara yang menyenangkan. Jangan aplikasi yang bikin ngantuk. Cari aplikasi ekstrim dan gila. 

Coba pilih aplikasi yang memadukan permainan, tantangan, dan interaksi untuk membuat pembelajaran lebih menarik. Kalau perlu yang membuat kita teriak-teriak biar semangat. 

Tapi tetap ingat waktu dan tahan diri. Jangan terlalu lebay dan jangan lakukan ini terutama di tengah malam. Mempercepat pembelajaran bahasa Inggris dengan cara efektif tetap harus waras.

Sesekali, ubahlah lingkungan belajar Anda. Jangan hanya “bertelur” di kamar. Pergi ke tempat-tempat yang tidak biasa, seperti kafe atau taman, tidak perlu bawa buku. Bawa hape. Buat drama. Ngoceh sendiri. Ini dapat membantu menciptakan suasana yang segar dan membuat belajar lebih menyenangkan. Selain meningkatkan pronunciation juga akan menambah kosa kata baru.

Terakhir, jangan takut salah. Belajar bahasa adalah proses yang dinamis, dan salah itu biasa. Gunakan setiap kesalahan sebagai motivasi untuk berubah kearah lebih baik dan yakin belajar bahasa Inggris cepat bisa dan efektif itu ya harus “take action”.

Dengan menggabungkan metode-metode gila ini, percayalah Anda tidak akan jadi gila sungguhan. Justru nanti orang akan tergila-gila kepada Anda karena dengan kesungguhan Anda yang lain dari biasanya ini bisa menginspirasi orang-orang di sekeliling Anda untuk belajar bahasa Inggris yang lain dari yang lain. Yaitu belajar bahasa inggris gila-gilaan, yang efektif dan cepat bisa.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan