Cepat Lancar Berbahasa Inggris Ala Orang Gila: Belajar Dengan Khayalan Dan Kreativitas

Yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris disarankan belajar ala orang gila. Apakah ini mengada-ada? Tanya saja ke semua pembelajar otodidak, mereka pasti setuju. Sebab bahasa adalah komunikasi dan perlu disuarakan. Jika tidak ada teman bicara, jadikan diri kita sebagai teman terbaik untuk belajar apa pun, termasuk belajar bahasa Inggris.

Cepat lancar bahasa Inggris ala orang gila
Meski gila tetap waras, bro, sis!

Tapi bicara ala orang gila seperti apa sih?

1. Meski Bicara Sendiri, Tetap Tentukan Tujuan

Belajar bahasa Inggris dengan cara yang unik sering dimulai dengan berbicara sendiri. I can do this, it’s easy. I can do it. Well, this takes time but I just believe I can do it, ini harapannya. Dan kenyataannya mungkin tidak seperti itu, akan banyak kesalahan. Dan apa kabar baiknya? Kita selalu belajar dari kesalahan. Mungkin terdengar aneh, tapi ini adalah langkah awal menuju kecakapan berbahasa Inggris yang baik bagi siapa pun yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris. Kenapa bisa seperti itu? Karena ….

2. Dengan Bicara Sendiri Kita Bisa Mengecek Kesalahan dan Memperbaikinya Sendiri.

Saat berbicara sendiri, tidak ada yang sempurna, tidak ada keajaiban langsung lancar, tetapi ini akan menciptakan kebiasaan untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan. Setelah tahu dia salah, orang akan ke Google, crosschek atau ke Chat GPT untuk penjelasan yang lebih rinci. Ya semua dilakukan sendiri, mengajar diri sendiri, crosscheck grammar, struktur kalimat, dan penggunaan kata. Ini membantu siapa pun memahami dan memperbaiki kekurangan dalam bahasa Inggrisnya.

3. Selalu Penasaran, Gemar Bertanya, Ketagihan Menjawab

Orang gila belajar bahasa Inggris, apakah dia akan mengorek sampah dan bicara dengan puntung rokok? Hihihih … Bukan bro, sis. “Orang gila” yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris selalu penasaran. Dia membentuk kebiasaan untuk bertanya pada diri sendiri tentang arti kata baru, konstruksi kalimat yang kompleks, atau bahkan mendalami tata bahasa yang rumit. Dia gemar menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan mencari informasi di berbagai sumber, termasuk buku, situs web, dan video pembelajaran. Ini membantu dia untuk terus meningkatkan pemahaman bahasa Inggrisnya.

4. Sering Mengumpulkan Kosakata dari Google Terjemah

Mengumpulkan kosa kata dari Google Terjemah adalah salah satu kebiasaan gila yang bermanfaat. Kalau orang lain cuma ke Google Terjemah ini sekali-kali, si gila yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris perlu menjadikannya sebagai suatu kebutuhan dan keharusan, seperti orang kelaparan. Saat berbicara sendiri, dia tidak akan kelabakan, dia punya kosa kata. Jika dilakukan secara konsisten hasilnya kan meningkatkan kemampuan berbicara dalam konteks yang lebih beragam.

5. Grammar: Penutup Yang Menyempurkan Segalanya.

Walau terkesan gila, bukan serta merta meninggalkan grammar. Bahasa Inggris tanpa grammar, kacau kan? Struktur bahasa yang baik adalah kunci untuk komunikasi yang efektif. Meskipun belajar bahasa Inggrisnya ala orang gila, perlu disadari bahwa grammar adalah fondasi yang kokoh untuk memastikan bahwa bahasa Inggris kita bukan asal bicara dan mendapat nilai minus di sekolah. Jadi gila-gilaanlah belajar grammar!

6. Tidak Kenal Menyerah: Belajar Bicara Sendiri Bukan Gila

Perlu di ingat ya wahai orang waras, menjadi gila saat belajar bahasa Inggris bukanlah hal yang negatif. Kamu dan Anda, sebagai pembelajar bahasa Inggris yang eksentrik, harus tidak kenal menyerah. Meskipun belajar secara sendiri terkadang dianggap aneh, kita menyadari bahwa ini adalah cara yang produktif dan menyenangkan untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris kita. Selain itu, kita meyakini bahwa dengan pendekatan yang kreatif dan tanpa batas, kita dapat mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam pembelajaran bahasa Inggris.  

Jadi, yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris perlu rajin bersuara bro, sis meski jadi orang gila. Yaitu orang gila yang produktif, orang gila yang waras. Selamat ketawa sendiri di jalan ya? Lho?!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan