Jangan banyak teori, langsung praktek!

Mastering English Conversation? Berikut adalah metode efektif yang patut Anda lakukan, baik sebagai pengajar bahasa Inggris atau sebagai pembelajar yang ingin belajar otodidak untuk cepat bisa bicara/membuat siswa bicara bahasa Inggris. Mengacu pada bahasan tentang teori Communicative Approach yang saya jelaskan pada halaman lain di blog inii, agar siswa Anda atau Anda sendiri bisa bicara, gunakan:

1. Pendekatan langsung (Directional Approach): 

Target berbahasa adalah menjelaskan sebuah objek secara langsung, optimalkan pronunciation (pengucapan), demonstrasikan dan beraktingklah menjelaskan apa pun yang Anda di lihat, di kelas (pengajar), di mana pun Anda berada(otodidak) .Pembelajar akan terpacu untuk secara otomatis mengucapkan kata-kata bahasa Inggris tanpa rasa malu atau takut buat kesalahan.

2. Pendekatan fungsional (Functional Approach):

Baik bagi pengajar maupun pembelajar perlu mengikutkan grammar tapi tanpa menggunakan rumus, melainkan mengucapkan banyak kalimat dan  memperhatikan pola berbicara. Para siswa sangat diminta untuk menggunakan kalimat dengan benar untuk berkomunikasi dengan orang lain atau diri sendiri kalau tidak ada partner bicara (dalam hati atau disuarankan saat tidak ada orang)

3. Pendiekatan situasional Situational Approach:

Ciptakan atau kembangkan situasi mengajar dan belajar berdasarkan pelajaran yang dijelaskan dan/atau situasi apapun di mana pun Anda berada bagi otodidak Praktek perlu sering dilakukan berpasangan, memainkan peran tertentu, drama atau simulasi. Para siswa, dalam setiap situasi, didorong untuk percaya diri menggunakan bahasa Inggris Bagi otodidak, Anda bisa bicara di depan cermin dan menjawab sendiri pertanyaan Anda.

4  Teknik drilling (ngebor kalimat, ungkapan dsb) Drilling Technique:

Ngebor siswa (maksudnya minta mereka untuk mengulangi apa-apa yang diucapkan guru) dan ngebor sendiri bagi para otodidak. hal ini untuk mengingat pelajaran demi pelajaran, bahkan setelah siswa tiba di rumah dan telah melakukan kegiatan lainnya mereka akan ingat. Drillling sangat diperlukan untuk membuat kalimat supya terdengar benar dan meniru pengucapan yang baik adalah target utama kelancaran

Hal-hal di atas perlu ditopang dengan media atau materi pendukung lain bila Anda ingin belajar sendiri, buka kamus dan hafalkan kata-kata yang relevan dengan target Anda, tidak perlu banyak, tapi konsisten. Nonton film bahasa Inggris, dengar lagu dsb.

Jika Anda ingin kursus atau perlu guru untuk mempraktekkannya boleh Anda minta dia melakukan metode tersebut di atas sambil Anda persiapkan target Anda.

Selamat mempraktekkannya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan