Apa Itu Tailored Curriculum, Apa Keuntungannya Dalam Belajar Bahasa Inggris?

Untuk menjawab apa itu tailored curriculum, kita cukup berdiri di depan cermin.

Lalu bertanya kepada diri sendiri, kita mau apa, prosesnya bagaimana, langkah-langkahnya apa, dan bagaimana mewujudkannya, kemudian kepada siapa kita bisa mendiskusikannya agar bisa kita menerapkan apa yang kita mau, dan secara efektif kita akan berhasil dengan apa yang kita mau itu?

tailored curriculumItu kalau kita mau menerapkan rencana kurikulum yang disesuaikan ini saat mengambil kursus bahasa Inggris secara privat dan selengkapnya bisa dibaca di sini. Sementara untuk memahami betul kurikulum yang terdengar kayak tukang jahit ini secara umum kita bisa membandingkannya dengan standard curriculum. Standard curriculum inilah yang biasa kita dapatkan dalam pengajaran keseharian yang aplikasikan pastinya di sekolah-sekolah atau di kursus-kursus.

Curriculum atau ditulis dalam bahasa Indonesia kurikulum adalah suatu rencana dan pengaturan pembelajaran yang dirancang dan disusun oleh lembaga pendidikan, kursus atau sekolah atau pemerintah untuk memandu proses pengajaran dan pembelajaran di sekolah, tempat kursus, lembaga pendidikan dan semacamnya. Yang tercakup didalamnya, diantaranya berbagai mata pelajaran, tujuan pembelajaran, metode pengajaran, serta penilaian hasil belajar yang sudah dilakukan.

Tujuan Kurikulum

Tujuan dari Kurikulum untuk memberikan panduan yang jelas kepada pengajar dan siswa mengenai apa yang akan dipelajari dan dicapai dalam suatu periode pembelajaran tertentu. Tiap-tiap kurikulum tentunya berbeda antara suatu tingkat pendidikan, institusi, dan negara, tergantung pada tujuan pendidikan dan apa yang diharapkan oleh penyusunnya.

Dengan memahami definisi kurikulum secara umum, maka kita jadi tahu bahwa yang dimaksud dengan standard curruculum adalah sesuatu kurikulum yang baku, kurikulum yang biasa dibuat dan mencakup apa-apa yang umum dipelajari yang menjadi panduan umum setiap saat dipelajari. ini bisa jadi penyeragaman pembelajaran di mana setiap peserta didik diajarkan hal yang sama dari setiap topik. Tentunya pada akhirnya semuanya mendapatkan hasil yang seragam secara umum dari apa yang dipelajari, tergantung tingkat kemampuan.

Sementara tailored, rencana kurikulum yang diadaptasi, adalah ekslusivitas dari pembelajaran baku, di mana hasil yang diharapkan tidak akan seragam karena kurikulum akan dibuat berdasarkan request atau diskusi antara peserta didik dan yang mengajarinya. Kurikulum ini biasanya dibuat, di diskusikan secara privat antara personal dengan instrukturnya atau bisa juga request dari suatu kelompok belajar kepada instrukturnya, misal saat sebuah perusahaan melakukan pelatihan kepada karyawannya.

Efektivitas Kurikulum Bertarget

Efektivitas kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan akan sangat terasa pada pembelajar yang memiliki target tertentu, bukan pelajar yang mempelajari sesuatu secara umum. Sementara standard curriculum, bisa saja mengecewakan. Ketika misal seseorang ingin mengambil kelas privat bahasa Inggris tapi dia tidak tahu apa yang di maunya, dia menyerahkan segalanya kepada instrukturnya, maka sang instruktur akan menerapkan kurikulum umum atau standar yang bisa yang biasa dipelajari oleh kebanyakan orang. Jika orang itu kecewa, dan pada akhirnya dia tidak mendapatkan apa yang dimauinya, maka dia tidak bisa sepenuhnya menyalahkan gurunya.

Nah dengan mengetahui perbedaan kurikulum ini, bagi anda yang merasa punya target tertentu, Anda bisa menggunakan, mengaplikasikan tailored curriculum ini saat mengambil kursus privat bahasa Inggris, mendiskusikannya dengan instruktur Anda dan suruh dia buat satu untuk Anda. Lantas belajarlah tahap demi tahap yang ada di kurikulum itu, misalnya Ketika anda ingin ke luar negeri bertemu dengan rekan bisnis Anda, mengunjungi pabrik, kemudian mengembangkan usaha, kemudian bicara tentang investasi. kemudian membuka peluang usaha di Indonesia dst, maka tentunya ini sesuai dengan target Anda dan Anda tidak buang-buang uang dengan percuma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan