Salah Satu Cara Agar Bisa Lancar Berbahasa Inggris, Tetap Jadi Orang Gila!

Ada keinginan keluar negeri? Dan Anda sedang mencari cara agar bisa lancar berbahasa inggris? Siapa pun yang ingin pergi keluar negeri dan ingin mengembangkan karier di sana perlu bisa berkomunikasi bahasa Inggris dengan lancar dan percaya diri. Tapi tidak semua orang bisa begitu. Mekipun banyak orang mengerti bahasa Inggris, kebanyakan lebih sering pasif. Anda salah satu diantaranya?

Cara Agar Bisa Lancar Berbahasa Inggris

Artikel ini akan membantu Anda yang sebenarnya bisa tapi tidak bisa. Artinya paham bahasa Inggris hanya pasif, tidak berani atau lebih tepatnya belum berani. Anda perlu memaksa diri Anda agar aktif bukan?

Hm, bagaimana ya caranya agar bisa lancar berbahasa inggris? Apa yang perlu Anda lakukan?

1. Berkhayal dan berpikir ala orang Inggris. Ini adalah cara yang masuk akal dengan membiasakan otak memahami bukan kata perkata-kata tapi keseluruhan kalimat atau konteks kalimat. Anda perlu memaksa diri agar mau mencari sebanyak mungkin kosa kata yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran sendiri bahasa Inggris anda. Lalu mulailah membangun fantasi seakan-akan Anda tidak bisa berbahasa Indonesia. Bagaimana? Belum siap? Kalau belum siap, tetaplah ..

2. Jadi orang gila. Menjadi gila dalam arti positif bukan membuat kita gila dalam arti sesungguhnya. Tapi itulah salah satu cara agar bisa lancar berbahasa inggris, Kita perlu bicara sendiri. Inilah awal di mana khayalan bermula dan jika kita menikmatinya maka ini akan menjadikan kita kreatif sebagai self talker yang akan menyelesaikan masalah dengan bicara sendiri. Konon bicara sendiri membantu kita memaksa diri jadi lebih produktif. Positive self talk, bukan gila!

3. Membiasakan diri spontan dan intuitif. Ini biasanya dimiliki oleh mereka yang cenderung berotak kanan. Tapi siapa pun bisa tetap melatih diri agar bisa terus belajar secara spontan. Melihat apa yang ada di depan mata dan menjadikannya bahasa Inggris. Inilah English speaking environment yang kita ciptakan sendiri. Tentu akan ada kesalahan di sana-sini tapi justru kesalahan-kesalahan itu yang akan membuat kita aktif mengkoreksinya dengan crosscheck di Internet.

4. Teruslah bersuara dan mengulang. Jika kita lihat point 1, 2, 3 di atas semuanya mengarah agar kita mau bicara. Tanpa bicara kita akan pasif dan betapa pun mahalnya kursus yang Anda ikuti, tidak akan serta merta membuat Anda pintar dan lancar berbahasa Inggris. Silakan saja jika Anda ingin melihat cermin tapi jika ini malah mengganggu, kembalilah ke bahasan awal tadi, bicaralah secara spontan dan intuitif. Efektif dan masuk akal kita yakini sebagai salah satu cara agar bisa lancar berbahasa inggris

5. Buat target. Nah jika Anda sudah terbiasa dan nyaman dengan aktifitas berbicara ini maka selanjutnya buatlah target. Bisa target-target singkat maupun jangka panjang. Misal, target singkat. Today I have to be able to explain all activities that I usually do everyday. Dan rajinlah mengulang, betulkan kesalahan demi kesalahan.

6. Manfaatkan teknologi. Selalulah penasaran dengan apa saja yang berkenaan dengan bahasa Inggris yang kita temukan di Internet. Bukan sekedar tahu, tapi kembali menyuarakannya dalam konteks dan kondisi real yang kita alami. Zaman sekarang memberikan kemudahan akses bagi siapa pun yang ingin belajar bahasa Inggris di banding zaman pra Internet dulu.

7. Selalulah cek grammar dan tempatkan ini dibelakang setelah proses pembelajaran masuk akal yang kita lakukan. Ya, bahasa adalah komunikasi dan kita perlu menyampaikan pesan agar pesan itu di mengerti orang lain. Namun karena di bahasa Inggris ada aturan grammar yang membedakannya dengan bahasa Indonesia maka kita perlu mempelajarinya dan memperdalam itu.

Demikianlah tips cara agar bisa lancar berbahasa inggris ini. Silakan di terapkan dalam keseharian. Jika Anda butuh guru privat untuk membantu Anda meningkatkna bahasa Inggris Anda kami bisa bantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan