Penasaran Dengan Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif? Tulisan Ini Bisa Sedikit Membantu

Sedang berdebat tentang metode belajar bahasa inggris yang efektif? Pertama siapkan dulu suara Anda karena bahasa adalah komunikasi.Jika Anda adalah seorang pemalu dan pendiam, sebaiknya jangan pernah bermimpi bisa berbahasa Inggris dengan lancar suatu hari nanti.Pulang gi, bobok sana. Hihihi ....

Mungkin ada yang pernah mendengar metode GTM yaitu Grammar Translation Method yang lebih memfokuskan grammar dan struktur bahasa saat belajar bahasa Inggris. Bisakah kita sebut ini sebagai metode belajar bahasa inggris yang efektif? inilah metode yang lebih disukai kebanyakan guru bahasa Inggris tapi tidak untuk pembelajar bahasa Inggris yang ingin bisa lancar berbicara dan berkomunikasi dengan masyarakat global.

Kenapa lebih disukai guru bahasa Inggris? Karena begitulah yang didapatnya saat dia belajar di bangku kuliah atau lembaga pendidikan yang dikenyamnya dulu, atau saat dia belajar sendiri secara otodidak; lebih mengutamakan teori. Ini adalah penerapan pembelajaran ala otak kiri dan bisa dipastikan dalam prakteknya tidak akan serta-merta membuat orang bisa lancar bicara.

Metode Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif?

 Padahal banyak orang yang terlanjur mengambil kursus bahasa Inggris ingin bisa lancar bicara, tidak ingin ribet dengan grammar dan sebagainya karena mereka tidak sedang belajar di sekolah dan tidak sedang dinilai oleh gurunya yang akan ditulis di buku rapot dan dibagikan kepada orang tua siswa. Pembelajar bahasa Inggris beragam dan dari segala usia, bukan usia sekolah dasar, menengah dan mahasiswa belaka. Kalau mau jujur baik guru maupun siswa suka bosan jika GTM ini mendominasi pembelajaran dari awal hingga akhir.

Lantas seperti apa metode belajar bahasa inggris yang efektif itu?

Bertolak belakang dengan metode yang berfokus pada grammar semata, ada juga metode yang disebut dengan total physical response yaitu pembelajar aktif melakukan aktifitas real harian, misal berdiri, berjalan, duduk, main hape, pergi keluar rumah dsb. Otaknya akan memerintahkannya untuk melakukan berbagai aktifitas dengan instruksi bahasa asing

Nah kembali lagi, jika kita membandingkan kedua metode tersebut, kebanyakan orang tidak terlalu suka dengan pelajaran apa pun yang terlalu mengulas banyak grammar yang akan membuatnya bicara terbata-bata dan ragu untuk aktif. Tidak akan ada orang bilang atau sedikit yang setuju kalau, metode belajar bahasa inggris yang efektif itu seperti itu.

Metode total physical response ini berjalan mendekati English speaking inviderment di mana kita mempraktekkan dari apa yang otak kita terjemahkan dan ini bisa menjadi sebagai suatu kebiasaan dan akan merangsang kita untuk aktif dan melakukan hal-hal spontan serta intuitif.

Salah satu hal yang mendukung kita belajar secara riil adalah menonton film berbahasa Inggris. Ini akan membuat kita termotivasi untuk berpikir pula ala orang Inggris atau setidaknya mengambil inisiatif untuk menerjemahkan dan membiasakan diri dengan prasa-prasa bahasa Inggris yang diucapkan aktor di film bahasa Inggris tersebut.

Mendengarkan musik juga bisa membantu membangun imajinasi kita, termasuk membaca artikel, buku atau apapun yang otak kita bisa pahami secara sederhana karena kebanyakan bahasa Inggris yang digunakan di sini berbeda dengan bahasa Inggris dialog sederhana yang sedang kita pelajari.

di sini kita akan termotivasi untuk mengecek kesalahan dalam grammar dan struktur dari apa yang kita dengarkan dan baca itu di internet. Setelah mengkoreksinya, kita bisa mempraktekkannya sendiri menulis bahasa Inggris serta mengucapkannya dan berlatih menyuarakannya berulang-ulang.

Jadi apakah metode belajar bahasa inggris yang efektif itu seperti ini? Anda bisa membandingkan kembali 2 metode yang baru saya ulas di atas dan beri komentar jika Anda punya pemikiran sendiri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan