Mengapa Orang Indonesia Sulit Berbahasa Inggris?

Pernah tidak merasa penasaran mengapa orang indonesia sulit berbahasa inggris? Mari kita perhatikan negara kita secara geografis, Indonesia, dengan etnik, budaya, dan bahasa yang beragam, menghadirkan suatu kemajemukan yang kompleks. Namun, tidak semua orang Indonesia mampu menguasai seluruh bahasa daerah di negeri ini. Bahkan tidak semua orang Indonesia bisa berbahasa Indonesia.

Kenapa orang Indonesia sulit berbahasa Inggris

Banyak orang terkagum dengan seseorang yang pintar berbahasa Inggris karena bahasa tersebut sering dianggap sebagai lambang kecerdasan dan kehebatan. Tidak salah memang. Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang digunakan dalam berbagai bidang, seperti bisnis, pendidikan, dan teknologi. Kemampuan berbahasa Inggris tinggi menunjukkan kemampuan berkomunikasi secara efektif di tingkat global.

Penguasaan bahasa Inggris diyakini mempermudah mencari pekerjaan, meneruskan studi, dan mengembangkan bisnis. Orang yang mahir berbahasa Inggris sering dianggap memiliki peluang lebih besar dalam karir dan kehidupan. Dia dianggap memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik, mampu menyampaikan ide dan gagasan dengan jelas, persuasif, dan tepat, yang dianggap sebagai tanda kecerdasan.

Media, film, musik, dan budaya populer pun banyak dipengaruhi oleh bahasa Inggris. Orang yang mahir dalam bahasa ini dianggap memiliki akses lebih besar terhadap informasi dan tren global. Pokoknya orang yang mahir berbahasa Inggris berkonotasi kesuksesan, dianggap memiliki daya saing yang tinggi di berbagai bidang.

Lantas, mengapa orang indonesia sulit berbahasa inggris? Kita bisa bilang kebanyakan dari kita?

Orang indonesia sulit berbahasa inggris, diantaranya

1. Tulisan dan Pengucapan dalam bahasa Inggris berbeda.

Salah satu alasan utama mengapa orang Indonesia kesulitan berbahasa Inggris adalah perbedaan dalam tulisan dan pengucapan. Bahasa Inggris memiliki struktur kalimat dan pelafalan yang berbeda dengan bahasa Indonesia, banyak yang kesulitan melafalkan kata-kata tertentu.

2. Aturan Grammar yang Dianggap Rumit.

Aturan grammar dalam bahasa Inggris sering dianggap rumit oleh banyak orang Indonesia. Perbedaan tata bahasa dan penggunaan tenses dapat membingungkan, menyulitkan orang untuk menguasainya dengan baik. Tidak hanya tenses banyak struktur bahasa lain yang menjawab pertanyaan mengapa orang Indonesia sulit berbahasa Inggris ini.

3. Kesulitan Menyamakan Logat Lokal dengan Logat Asing.

Menyesuaikan logat lokal dengan logat asing, seperti dalam bahasa Inggris, pastinya sering menjadi hambatan. Perbedaan intonasi dan aksen sulit untuk diatasi, mengakibatkan ketidakmampuan dalam berkomunikasi dengan lancar.

4. Kurangnya Motivasi dan Keberanian

Banyak individu kekurangan motivasi untuk menyuarakan diri dalam bahasa Inggris. Takut salah atau malu kalau terlihat bodoh dapat menghambat perkembangan kemampuan berbahasa Inggris.

5. Pola Pikir Negatif tentang Bahasa Asing

Pola pikir negatif tentang bahasa asing sering kali menghalangi proses belajar. Anggapan bahwa hanya orang tertentu yang dapat mahir berbahasa Inggris dapat mengurangi bahkan membunuh minat dan usaha dalam pembelajaran.

Solusinya tentu siapa pun yang ingin lancar berbahasa Inggris senantiasa memacu diri dan membuang segala penghambat seperti yang diuraikan di atas. Mereka harus aktif berbicara, perlu mencari partner berbicara, menonton program berbahasa Inggris, dan mendalami grammar baik dengan belajar sendiri maupun mengambil kursus.

Dengan mengubah pola pikir, membuka diri terhadap pembelajaran, dan memperkaya kosa kata, setiap orang Indonesia dapat mengatasi hambatan dalam berbahasa Inggris. Kesabaran dan ketekunan dalam pembelajaran adalah kunci keberhasilan. Namun yang terpenting semua di awali dari rasa suka. Apa pun itu kalau di awal kita menyukai sesuatu, kita akan lanjut dengannya, betul tidak?

Jadi pertanyaan kenapa orang indonesia sulit berbahasa inggris tidak perlu dijawab ketus, “emang gue pikirin!”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan