Belajar Otodidak atau Kursus Bahasa Inggris? Putuskan Yang Terbaik untuk Peningkatan Kemampuan Anda

Ketika Anda memiliki banyak waktu untuk membaca dan memiliki minat dalam mengumpulkan kosakata dalam bahasa Inggris, kursus bahasa Inggris tidak selalu menjadi keharusan. Namun, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan saat memutuskan apakah kursus bahasa Inggris diperlukan atau tidak. 


Artikel ini akan menjelaskan keuntungan dan pertimbangan yang perlu diperhatikan dalam belajar bahasa Inggris secara otodidak dan apakah kursus bahasa Inggris perlu atau tidak.

Kelebihan Belajar Bahasa Inggris Otodidak:

a. Kemampuan Mandiri: Belajar bahasa Inggris secara otodidak menunjukkan kemampuan belajar mandiri, yang bisa menjadi keterampilan yang berharga dalam diri Anda.

b. Fleksibilitas Waktu: Anda dapat belajar kapan saja sesuai dengan jadwal Anda sendiri. Tidak ada batasan waktu tertentu yang harus Anda ikuti.

c. Hemat Biaya: Belajar bahasa Inggris secara otodidak cenderung lebih hemat daripada mengikuti kursus bahasa Inggris berbayar.

d. Kontrol Penuh: Anda memiliki kendali penuh atas materi dan sumber daya yang Anda gunakan dalam pembelajaran Anda. Anda dapat memilih buku teks, situs web, atau materi yang sesuai dengan minat Anda.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan:

a. Pengawasan dan Koreksi: Salah satu kekurangan belajar otodidak adalah kurangnya pengawasan dan koreksi oleh instruktur. Ini berarti Anda mungkin tidak menyadari kesalahan yang mungkin Anda buat dalam tata bahasa atau pelafalan.

b. Interaksi Sosial: Kursus bahasa Inggris dapat memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan instruktur dan teman sekelas, yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengar Anda.

c. Struktur Pembelajaran: Kursus bahasa Inggris sering menyediakan struktur pembelajaran yang jelas, dengan tingkat kesulitan yang meningkat. Ini dapat membantu Anda melacak kemajuan Anda.

d. Motivasi dan Kedisiplinan: Belajar bahasa Inggris secara otodidak memerlukan tingkat motivasi dan disiplin yang tinggi. Tanpa batasan waktu dan tuntutan, Anda mungkin menemui kesulitan untuk menjaga konsistensi dalam pembelajaran.

e. Sumber Daya Pembelajaran: Pastikan Anda memiliki akses ke beragam sumber daya pembelajaran, seperti buku, kamus, aplikasi, dan sumber online yang berkualitas tinggi.

f. Tes Kemampuan:
Jika Anda memiliki tujuan tertentu dalam belajar bahasa Inggris, seperti mengikuti tes kemampuan seperti TOEFL atau IELTS, mungkin perlu konsultasi dengan spesialis atau mengikuti kursus khusus yang disiapkan untuk tes tersebut.

Menggabungkan Pendekatan Otodidak dan Kursus Bahasa Inggris:

Bisa jadi yang terbaik adalah menggabungkan pendekatan otodidak dengan beberapa kursus bahasa Inggris. Anda dapat memanfaatkan keuntungan dari belajar otodidak, seperti fleksibilitas waktu dan pengumpulan kosakata, sambil juga memanfaatkan kursus bahasa Inggris untuk mendapatkan panduan dan koreksi dari instruktur yang berpengalaman.

Dalam banyak kasus, keputusan untuk mengikuti kursus bahasa Inggris sangat tergantung pada tujuan pribadi Anda dalam belajar bahasa Inggris dan preferensi belajar Anda. Jika Anda merasa nyaman dengan belajar secara otodidak dan memiliki motivasi untuk menjaga konsistensi, Anda mungkin dapat mencapai kemajuan yang signifikan. Namun, jika Anda membutuhkan bimbingan lebih terstruktur, interaksi sosial, dan pengawasan instruktur, maka kursus bahasa Inggris dapat menjadi pilihan yang baik.

Penting untuk selalu menilai kemajuan Anda dan, jika perlu, mengadaptasi pendekatan belajar Anda sesuai dengan tujuan dan kebutuhan Anda dalam menguasai bahasa Inggris.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan