Teknik Dan Cara Cepat Bisa Bahasa Inggris Dengan Otak Kanan

Teknik agar cepat bisa bahasa Inggris gunakan otak kanan. Caranya?


Menurut teori, otak kanan bertanggung jawab secara acak, intuitif, holistik, menyatukan dan pemikiran subyektif. Sementara otak kiri berperan untuk berfikir logika, skuensial, rasional, analitis, dan obyektif. Kebanyakan individu memiliki preferensi berbeda dalam menggunakan salah satu gaya berfikir ini.

Orang yang lebih dominan menggunakan otak kiri lebih memilih alasan untuk segala sesuatu yang lain. Mereka menggunakan logika rasional untuk mengidentifikasi penyebab masalah, dan kemudian berpikir tentang bagaimana cara mengatasinya. Pada intinya, orang yang berfikir menggunakan otak kiri adalah detail-oriented.

Mari kita kupas perbedaannya

Otak kiri                                         Otak kanan

Rasional, terkait IQ                        Emosional, terkait EQ
Realistis, analistik                          Imajinatif, artistik
Kuantiatif, aritmatik                       Kualitatif, spesial
Kognitif, logis                                Afektif, intuitif
Terencana, kausal                           Tak terencana, impulsif
Serial linier                                     Paralel, lateral
Verbal, eksplisit                              Visual, implisit

Okay let's straight to the point. Mari kita fokus kembali kepada pembahasan teknik atau cara cepat menguasai bahasa Inggris dengan otak kanan ini. 

Mana yang Anda pilih, cara belajar yang menurut Anda efektif membuat Anda cepat bicara, pastinya secara benar dan lancar dari opsi di bawah ini?

  1. Berfikir rasional bahwasanya bahasa Inggris 100% beda dengan bahasa Indonesia, atau secara emosional Anda bilang bahwa bahasa di dunia sama saja, tinggal membiasakan mengucapkannya?
  2. Realistik dan Anda suka menganalisa perangkat berbahasanya sedetil mungkin atau imajinatif, Anda sudah bisa menggambarkan dunia Anda sendiri saat Anda yakin suatu hari nanti Anda mampu berbahasa Inggris dengan lancar alias aplikatif?
  3. Kuantitatif dan aritmatik, Anda perlu menguasai Tenses dalam jumlah tertentu dulu beserta rumusannya, atau Anda berbicara dengan kesalahan demi kesalahan yang dapat Anda perbaiki nantinya dan secara otomatis Tenses akan ngikut dengan sendirinya?
  4. Terencana, kausal, Anda hafalkan sehari 3 atau 4 vocal atau kemana pun Anda pergi jika Anda temui kata-kata yang Anda tidak tahu Anda hafalkan dan itu nyambung dengan keseharian dan kebutuhan Anda?
Nah dari uraian di atas Anda sudah bisa membedakan dan tahu apa itu teknik dan cara belajar dengan otak kanan. Secara ringkas kita simpulkan efektifitasnya sebagai berikut:

Anda beranggapan bahasa di dunia itu sama saja tinggal membiasakannya. Karena pikiran Anda bilang begitu otomatis Anda sudah punya dunia Anda berupa visualiasi untuk bisa berbicara secara lancar. Anda tidak terlalu perduli dengan rumusan dan grammar karena jika Anda sering berbicara Anda akan bisa membedakan Tenses. Anda selalu standby karena spontan, punya persediaan vocab yang lumayan dan terus Anda kembangkan dan buat improvisasi sendiri.  Wow, kreatif! Bagaimana, masih ragu? Cuma teori? Kalau begitu praktekkan donk. 

Asah kreatifitas Anda dengan hal kecil sebagai berikut:

Kiri; go - V1 went V2 gone V3                        

Kanan: I go to work everyday. I start work at 9:00  am. Yesterday I WENT to work early. Last  week I WENT to Bali with my family. I think am lucky, I have GONE to Bali, Singapure and China.

Kiri: Mengupas grammar seperti bawang        

Kanan: Ulangi dan bedakan. Koreksi sendiri kalau ada keselahan

Kiri : Setiap akan bicara ragu dan harus cek grammar               

Kanan: Meskipun terjadi kesalahan kecil atau berulang Anda sudah menyampaikan sebuah pesan, sedikit banyak bisa dipahami.
                                                                                                                       
Untuk lebih jelasnya, silakan tonton video berikut supaya lebih jelas memahami teknik dan cara cepat bisa bahasa Inggris ini.


Salam sukses!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan