Efektif Mana, Belajar Bahasa Inggris Dengan Guru Lokal Atau Native?

Efektif Mana, Belajar Bahasa Inggris Dengan Guru Lokal Atau Native? Dengan media apa Anda seharusnya belajar bahasa Inggris? Melalui sambungan Internet alias Online? Konvensional? Lewat telepon? Atau dengan Video Call Sype? Yang mana yang membuat Anda cepat bisa? Temukan jawabannya di sini.

Seringkali pembelajar bahasa Inggris mengambil jalan pintas dengan harapan bisa berbahasa Inggris dengan lancar, yaitu belajar langsung dengan penutur asli alias native speaker, baik itu secara online melalui Skype atau datang langsung ke kelas. Efektifkah ini? Agar cepat bisa berbahasa Inggris memang harus langsung ke TKP dan harus nyebur ke kali. Begitulah ibaratnya.

Ayo, mari kita benar-benar ke TKP dan nyebur ke kali. Lho, apa maksudnya? Bukankah ini cara cepat agar bisa berbahasa Inggris dengan lancar? Ke TKP, baik itu secara online dengan Skype atau dengan native speaker Anda harus "menginvestigasi" Bertanya, mencari tahu, memahami dan merespon suatu perkara. Ke kali-- atau sedikit nyaman kita bilang ke kolam renang--sudahkah sebelumnya Anda belajar berenang, setidaknya dengan gaya bebas?

Jadi semuanya butuh keseimbangan. Cara cepat bisa bahasa Inggris bukan Anda nekat ke TKP atau ke kolam renang dan Anda tidak bisa apa-apa di sana. Ketika Anda tidak punya "bekal" maka native speaker itulah yang bakalan menguras kantong Anda. Pastilah rata-rata mereka ingin dibayar mahal. Seandainya ada juga yang gratis lewat Skype apakah benar mereka dengan ikhlas bersedia meluangkan waktu berharganya buat Anda.

Disarankan belajar bahasa Inggris baik secara konvensional maupun online dengan native speaker jika:
  • Anda sudah punya persediaan vocab yang cukup memadai walaupun tidak harus banyak
  • Anda Memahami benar, bahwa tidak semua bule bisa berbahasa Indonesia jadi urungkanlah niat Anda kalau Anda ingin bertanya sesuatu dengan bahasa Indonesia, apalagi kalau Anda belajar secara online lewat Skype.
  • Anda punya daya imajinasi tinggi, nekad, dengan risiko harus meluangkan banyak waktu belajar sendiri dan terfokus dan bertarget.
  • Anda benar-benar ingin menguasai bahasa Inggris fokus kepada penggunaannya bukan pada perangkat berbahasa, yaitu membahas grammar terus meneru yang terbukti tidak efektif membuat Anda cepat bicara.
Tidak dianjurkan bagi yang ingin cepat bisa bahasa Inggris belajar dengan bule jika:
  • Anda mengharapkan keajaiban mahir secara instan dalam waktu yang relatif singkat
  • Anda banyak absen karena kesibukan Anda yang padat atau karena satu dan lain hal
  • Anda pasif, membiarkan sang native speaker banyak bicara dan hanya lebih banyak bengong. 
  • Anda tidak membekali diri Anda sendiri dengan banyak membaca, berbicara (meniru) dan mendengar dari sumber-sumber lain yang banyak bertebaran di luar sana, terutama di Internet. 
Kesimpulannnya, pada hal-hal tertentu, belajar bahasa Inggris dengan guru lokal masih diperlukan ketimbang dengan native speaker, bukan? Dengan media apa saja, baik konvesional--hadir di kelas, melalui telepon, online dengan Skype, tidak masalah. Yang terpenting adalah metodenya membuat Anda benar-benar cepat bisa dan gurunya pun aktif mengarahkan Anda kesana.

Salam sukses!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan