Tip menelepon/menerima telepon dalam bahasa Inggris

Bagi Anda yang sudah tahu bagaimana cara bicara melalui telepon dalam bahasa Inggris, berikut tip menelepon atau menerima telepon dalam bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui pula.

1. Bicaralah secara perlahan dan jelas.

Mendengarkan seseorang berbicara dalam bahasa asing di telepon suatu hal yang sangat menantang karena Anda tidak dapat melihat orang yang Anda dengar. Mungkin lebih sulit bagi lawan bicara Anda untuk memahami Anda. Anda mungkin tidak menyadari pengucapan Anda yang tidak jelas. Berikan perhatian khusus kepada pengucapan yang Anda rasa sulit misalnya "s r" dan "l's" atau "B" dan "s v") ketika Anda bicara di telepon.

Jika Anda gugup merespon telepon dalam bahasa Inggris, mungkin bicara Anda terlalu cepat karena terbawa suasana. Berlatihlah atau tulislah apa yang hendak Anda katakan, tariklah napas dalam-dalam sebelum Anda membuat panggilan telepon.

2. Yakinkan Anda memahami lawan bicara Anda.

Tidak perlu berpura-pura mengerti semua yang Anda dengar di telepon. Bahkan para native speakers sendiri sering minta pengulangan dan konfirmasi sebentar-sebentar. Hal ini penting terutama jika Anda dititipi pesan untuk orang lain. Pelajari ekspresi yang diucapkan penutur bahasa Inggris saat mereka tidak mendengar sesuatu sebagaimana mestinya. Jangan takut untuk mengingatkan orang untuk memperlambat bicaranya lebih dari sekali. Jauhkan telepon Anda dari daerah yang rentan kebisingan dan gangguan-gangguan lain seperti radio atau televisi.

3. Berlatihlah dengan teman. Ajak mereka berlatih berbicara di telepon dengan Anda, bisa sekali seminggu dan teleponlah satu sama lain secara bergiliran. Cobalah berbicara selama sedikitnya lima belas menit. Anda dapat berbicara tentang kehidupan sosial, atau memainkan peran dengan skenario berbeda dalam lingkungan bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki akses telepon, Anda dapat berlatih dengan menyusun dua kursi yang saling membelakangi. Yang paling penting dalam latihan menelepon dalam bahasa Inggris adalah bahwa Anda tidak dapat melihat mulut masing-masing.

4. Siapkan bisnis Anda dan alat perekam. Banyak cara untuk mendapatkan tutorial latihan telepon dengan bahasa Inggris. Setelah jam kerja, Anda bisa menelepon dan mendengarkan pesan pada rekaman Anda. Tulis apa yang Anda dengar pertama kali dan telepon balik dan cek jika catatan Anda akurat. Kalau Anda kebetulan berada di negara-negara dengan mayoritas penduduknya berbahasa Inggris, gunakan telepon dalam keseharian Anda. Telepon Pizza delivery daripada langsung datang ke tempatnya. Telepon salon kecantikan untuk pesan tempat dsb. Beberapa kota besar di dunia mempunyai akses rekaman gratis untuk meminta informasi apa pun yang Anda mau.

5.Pelajari etika sopan-santun bertelepon

Cara Anda menelpon teman baik anda berbeda dengan saat Anda menelepon perihal bisnis. Banyak para penelepon yang bukan native speaker langsung to the point di telepon. Bisa jadi orang yang Anda telepon merasa Anda kasar dan menganggap Anda tidak berpendidikan. Gunakan could atau may untuk memulai bersopan santun. Beri jeda waktu untuk menjawab telepon dan ucapkan good bye dengan cara yang sopan.

6. Berlatihlah mengucapkan tanggal dan nomor.

Cuma sebentar untuk menghafalkan English Phonetic Spelling,(ejaan) namun ini perlu saat Anda menggunakannya di negara manapun. Anda juga perlu berlatih mengucapkan tanggal dan nomor keras-keras. Cari seorang partner ldan tulislah daftar tanggal dan nomor dan bergantianlah membacanya di telepon dengan partner Anda itu.. Rekam apa-apa yang Anda dengar.Tukar kertas Anda pada hari lainnya dan cek jawaban Anda

Selamat berlatih!





Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan