Apa Bahasa Inggrisnya Sedih, Sinonim Dan Cara Menerapkannya Dalam Percakapan Sehari-hari

Ketika kita merasa sedih, kita pasti mencari cara untuk menyatakan perasaan tersebut dengan tepat dalam bahasa Inggris. Betul? Salah! 

bahasa inggrisnya sedih

Yang mencari kata ini tentunya para pembelajar Bahasa Inggris pemula. Salah satu kata yang paling umum digunakan adalah "sad". Namun, terdapat berbagai sinonim yang dapat digunakan untuk menyampaikan nuansa perasaan sedih dengan lebih beragam dan mendalam.

Definisi kata sedih dalam bahasa Inggris sangatlah sederhana: "sad" berarti merasa sedih atau tidak bahagia. Namun, ketika kita ingin memperkaya percakapan sehari-hari dengan ekspresi yang lebih bervariasi, kita dapat mempertimbangkan beberapa sinonim lainnya seperti "melancholy", "grief-stricken", "mournful", "heartbreaking", "sorrowful", dan "distressed".

Sinonim dari kata sedih tidak hanya memperluas kosakata kita tetapi juga membantu dalam menyampaikan nuansa perasaan yang berbeda-beda. Misalnya, "melancholy" cenderung menggambarkan perasaan sedih yang dalam dan terdalam, sementara "heartbreaking" menunjukkan rasa sedih yang begitu kuat sehingga menyentuh hati.

Cara menyatakan perasaan sedih dalam bahasa Inggris tidak hanya tentang menggunakan kata-kata, tetapi juga tentang ekspresi dan intonasi. Ketika kita ingin mengungkapkan kesedihan kepada seseorang dalam situasi percakapan sehari-hari, penting untuk memilih kata yang sesuai dengan konteks dan suasana hati. Misalnya, "I feel so sorrowful about the news" atau "She looked mournful after hearing the story".

Terjemahan kata sedih ke dalam bahasa Inggris haruslah dilakukan dengan memperhatikan konteks dan makna yang tepat. Ketika kita menggambarkan perasaan sedih dalam sebuah cerita atau percakapan, kita dapat menggunakan "sad" untuk ekspresi umum, atau memilih kata lain seperti "distressed" atau "grief-stricken" untuk menyoroti tingkat intensitas perasaan tersebut.

Kata-kata yang berhubungan dengan kesedihan mencakup lebih dari sekadar sinonim. Ini juga mencakup frasa atau ungkapan yang digunakan untuk menggambarkan pengalaman emosional yang luas. Misalnya, "in sorrow", "feel downhearted", atau "be in low spirits" semuanya dapat digunakan dalam konteks yang berbeda untuk menggambarkan perasaan sedih.

Arti kata sedih dalam bahasa Inggris tidak hanya tentang makna literal tetapi juga tentang bagaimana kita menggunakan kata tersebut untuk menyampaikan emosi kita kepada orang lain. Ketika kita belajar untuk menyampaikan perasaan sedih dalam bahasa Inggris, kita juga belajar untuk mengenali dan menghargai nuansa perasaan manusia yang kompleks.

Berikut adalah beberapa ungkapan atau idiom dalam bahasa Inggris yang menyatakan kesedihan, beserta terjemahannya dalam bahasa Indonesia yang mungkin terasa tidak lazim atau aneh:

"Feeling blue"

Terjemahan: Merasa biru

Makna: Merasa sedih atau murung.

"Down in the dumps"

Terjemahan: Turun di tempat sampah

Makna: Merasa sangat sedih atau tertekan.

"Crying over spilt milk"

Terjemahan: Menangis karena susu tumpah

Makna: Menyesali sesuatu yang sudah terjadi dan tidak bisa diubah.

"Heartbroken"

Terjemahan: Hati patah

Makna: Merasa sangat sedih karena kehilangan atau putus cinta.

"In the doldrums"

Terjemahan: Di dalam kelesuan

Makna: Merasa sangat sedih atau kehilangan semangat.

"Tears rolling down"

Terjemahan: Air mata bergulir turun

Makna: Menangis karena sangat sedih.

"Feeling down"

Terjemahan: Merasa turun

Makna: Merasa sedih atau depresi.

"Heavy-hearted"

Terjemahan: Berat hati

Makna: Merasa sangat sedih atau cemas.

"Beside oneself with grief"


Terjemahan: Di sebelah diri sendiri dengan kesedihan

Makna: Merasa sangat sedih sampai kehilangan kendali.

"Mourning in black"


Terjemahan: Berkabung dalam hitam

Makna: Berkabung atau merasa sangat sedih, biasanya karena kematian seseorang.

Ungkapan-ungkapan ini mungkin terasa aneh jika diterjemahkan langsung ke dalam bahasa Indonesia, karena idiom sering kali memiliki makna kontekstual yang tidak selalu sesuai dengan terjemahan harfiahnya.

Dalam kesimpulan, memahami apa bahasa Inggrisnya sedih tidak hanya tentang menguasai kata "sad", tetapi juga tentang memperkaya kosakata emosional kita dengan sinonim yang tepat. Dengan memahami dan menerapkan cara menyatakan perasaan sedih dalam bahasa Inggris, kita dapat lebih terampil dalam berkomunikasi dan mengekspresikan perasaan kita dengan lebih bervariasi dan mendalam dalam percakapan sehari-hari.

Contoh lain menyatakan kesedihan dalam bahasa Inggris tonton video berikut.
@nurmanopowerful Berbagai cara menyatakan perasaan sedih dalam bahasa Inggris. I'm feeling sad. I'm feeling blue. I'm feeling melancholic. Keep learning #bahasainggrisnya #sedih #belajarbahasainggris #feelingsad ♬ suara asli - Nurmano Powerful

Komentar

Postingan populer dari blog ini

8 Cara Mudah Belajar, Menguasai Bahasa Inggris

Kursus Bahasa Inggris Gratis

Inggris

Belajar bahasa Inggris gratis via WA, Atau Ambil Kursus?

Hati-Hati Mengajari Anak Bahasa Inggris, Dia Bisa Jadi Kebarat-Baratan